Selamat Datang Di Blog Resmi SMA Sunan Drajat Sugio

Jumat, 18 Januari 2013

UNAS 2013 (SMA Sunan Drajat Sugio)

BERITA UNTUK UN 2013 SMA
            Kabar baik bahwa hari ini, Rabu tanggal 21 November 2013 kisi-kisi UN 2013 telah terbit dan bisa diunduh dari situs ujian nasional. Kisi-kisi Ujian Nasional 2013 ini dibuat dan dipublikasikan berdasar pada peraturan BSNP No. 0019/P/BSNP/XI/2012 tentang Kisi-kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013.
            Kisi-kisi soal UN 2013 ini disusun berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang tercantum pada peraturan Mendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi untuk pendidikan dasar dan menengah. Kisi-kisi dimaksud berlaku untuk satuan pendidikan / jenjang pendidikan.
            Kisi-kisi soal UN 2013 diharapkan bisa dijadikan acuan dalam penyusunan soal ujian nasional pada satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013.
            Bagi para calon peserta ujian nasional tahun pelajaran 2012/2013, mulai sekarang sudah bisa mendapatkan kisi-kisi UN 2013 pada Kurikulum di Satuan Pendidikan masing-masing.
Jadwal UN 2013 Segera Dirilis
            Meski belum secara resmi dirilis, jadwal Ujian Nasional (UN) 2013 sudah ditentukan. Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), bahwa sesuai dengan jadwal yang telah disusun, UN 2013 akan dilangsungkan sekitar bulan April.
            Namun jadwal penyelenggaraan di setiap jenjang pendidikan baru akan dirilis secara resmi segera setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menandatangani peraturan menteri (Permen).
            Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Harun mengatakan, UN untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) akan digelar pada tanggal 15-18 April 2013. Dia mengharapkan seluruh siswa di Jatim mempersiapkan diri dengan baik. Angka kecurangan akan ditekan dengan penggunaan 20 paket soal untuk 20 siswa dalam satu ruang ujian.
            Dengan bertambah banyaknya jenis soal dalam UN, pemerintah berharap potensi tindak kecurangan akan semakin sempit. Pasalnya, setiap siswa akan mengerjakan soal yang berbeda karena umumnya setiap ruang ujian hanya diisi oleh 20 peserta ujian.

Soal Ujian Nasional 2013 Sebanyak 20 Paket

            Soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan SMK pada tahun ajaran 2013 telah ditetapkan sebanyak 20 paket yang masing-masing peserta soalnya tidak sama, soal ujian di masing-masing ruangan ujian berbeda, atau setiap peserta akan mendapatkan isi teks soal yang berbeda dengan yang lainnya.
“Sementara kriteria kelulusan pada Ujian Nasional (UN) 2013 untuk SMA/MA dan SMK sama dengan tahun sebelumnya, yakni 60 persen hasil UN dan 40 persen ujian sekolah,”
            Pada UN 2013 keterlibatan perguruan tinggi pada pelaksanaan UN tersebut lebih luas, mulai dari persiapan, penyiapan pengawas, pengumuman dan pembuatan laporan.
            UN 2013 sudah mendapatkan pengakuan dari pihak perguruan tinggi, karena hasilnya akan mulai diintegrasikan menjadi bahan yang ikut menentukan penerimaan calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat.

Posting Komentar

Sebelum anda pergi.....
Mohon bantu saya memperbaiki tulisan ini : mungkin isinya kurang bermanfaat atau Tutorialnya kurang jelas. Dan setiap komentar yang anda tinggalkan tentu saya akan kunjungi balik ke blog anda. Terima Kasih.